Selasa, 19 April 2011

Pengalaman Mikro Teaching

Penelitian bertujuan
(1) Untuk mengetahui tentang pengaruh yang signifikan secara simultan tingkat pendidikan, pelatihan, pengalaman mengajar terhadap Profesionalisme Guru ... Kecamatan ... Kabupaten ....
(2). Untuk mengetahui tentang variabel manakah yang memiliki pengaruh dominan diantara variabel tingkat pendidikan, pelatihan, pengalaman mengajar terhadap Profesionalisme Guru ...Kecamatan ... Kabupaten ....
Metode penelitian dengan menggunakan metode survey mengambil sampel dengan teknik random sampling yakni dengan memanfaatkan 40 guru Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan ... Kabupaten .... Analisa data yang digunakan dengan memakai data statistik regresi berganda. Hipotesis yang diajukan adalah

Manfaat Mikro Teaching


Micro Teaching di samping merupakan teknik program PPL bagi calon guru dapat pula merupakan in service training bagi guru/dosen. Hal ini dilakukan agar kompetensi profesional guru selain dapat dihayati juga dapat dimiliki. Wawasan keguruan yang telah ditanamkan pada calon guru tidak sepenuhnya dapat dilaksanakan sehingga berakibat kurang efektifnya proses pembelajaran, rendahnya kadar student Active Learning atau tegasnya gagalnya proses pembelajaran. Untuk memecahkan permasalahan tersebut laboratoriun micro teaching perlu dimanfaatkan secara maksimal sebagai in service training bagi calon guru dan pre service training bagi guru dan dosen. Dengan demikian pengembangan kompetensi guru dilakukan secara terpadu dan berkalnjutan dalam suatu program yang sistematis.

Mengajar selama 45 menit merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Latihan mengajar bagi calon guru pada awalnya akan terasa sulit dan rumit. Untuk mengatasi kelemahan tersebut dikembangkan pembelajaran micro teaching sebagai bagian dari pendidikan guru berdasarkan kompetensi (PGBK). Pembelajaran mikro sebagai salah satu bagian dari Program Pengalaman Lapangan (PPL) dimaksudkan memberikan bekal kepada calon guru sebelum PPL yang berfungsi untuk mengurangi kesalahan dalam pelaksanaan PPL.

Pengertian Mikro Teaching

pengertian micro teaching

Guru (tenaga pendidik) yang efektif adalah mereka yang berhasil membawa peserta didik mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam pendidikan. Keberhasilan pembelajaran yang efektif memuat dua tolak ukur yakni tercapainya tujuan dan hasil pembelajaran. Untuk mencapai efektifitas pembelajaran yang meliputi keterampilan membuka dan menutup proses pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memberi penguatan, dan sebagainya.

Untuk dapat menguasai berbagai keterampilan dasar pengajaran dan pembelajaran tersebut maka tenaga pendidik perlu berlatih satu demi satu keterampilan tersebut agar mendalami makna dan strategi penggunaannya pada proses pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar dapat diperoleh melalui pengajaran mikro atau micro teaching. Oleh karena itu pengajaran mikro sangat dalam bentuk peer teaching diperlukan dengan harapan agar para tenaga pendidik dapat sekaligus menjadi observer temannya sesama tenaga pendidik, dengan harapan masing-masing tenaga pendidik dapat saling memberikan koreksi dan masukan untuk memperbaiki kekurangan penguasaan keterampilan dasar dalam mengajar.